• gambar
  • gambar

Selamat Datang di Website MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BLITAR. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BLITAR

NPSN : 20584136

Jl. PB. Sudirman 1 Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur


info@man2blitar.sch.id

TLP : 0342-693228


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 36427
Pengunjung : 11579
Hari ini : 11
Hits hari ini : 16
Member Online : 0
IP : 34.239.167.74
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

PERSAHABATAN GURU DAN MURID




Guru dan Murid Juga Bisa Bersahabat Kok

Guru dan murid biasanya sering merasa dipisahkan oleh sesuatu yang membuat mereka tidak bisa bersahabat. Padahal, jika guru dan murid bersahabat, tidak ada salahnya. Justru dengan bersahabat, guru bisa lebih disukai murid. Sebaliknya, murid juga akan lebih mudah menerima masukan dan pelajaran dari gurunya tersebut. 

Maka dari itu, bisa disimpulkan persahabatan antara murid dan guru itu bisa menghasilkan seorang murid yang berpendidikan luas. Persahabatan antara murid dan guru juga ada batasan atau akhlak, karena bersahabat dengan guru berbeda bersahabat dengan teman sebaya.

Hal pertama yang harus dihilangkan dari persahabatan adalah rasa canggung. Seringkali, murid akan merasa canggung dan malu untuk berinteraksi dengan gurunya. Padahal guru adalah orang tua bagi murid di sekolah.

Bersahabat antara guru dan murid bukan untuk main-main atau tidak serius, malah menurut saya persahabatan guru dan murid akan lebih mudah dalam proses pendidikan. Siswa juga bisa berpendapat tentang nyaman atau tidaknya saat sang guru menjelaskan.

Menjadi guru favorit bagi murid juga ada tips-tips tertentu, antara lain:

Ikhlas Dalam Mengajar
Mengajar adalah perbuatan yang sangat istimewa dan juga mulia. Mengajar dengan perasaan atau hati yang ikhlas akan ada rasa nyaman tersendiri. Rasa yang membuat kita betah berjam-jam bersama murid dan menjelaskan pelajaran-pelajaran yang sedang berlangsung.

Gunakan Panggilan Lembut
Murid itu suka di perhatikan, disaat dia salah dalam menjawab pertanyaan atau soal jangan malah membuat dia malu. Beritahu dan bimbing lebih giat lagi, dan memanggil dengan panggilan yang lembut seperti "ayoo semangat lagi anakku" "anak pintar".

Bercanda Dengan Mereka
Buatlah suasana kelas senyaman mungkin, isi dengan bercanda dan jangan membuat kelas sepi karena itu pasti membuat murid-murid bosan dan malas melanjutkan pelajaran. Bercanda dengan mereka seperti menggoda semangat mereka dan membakar semangat mereka.

Sebagian besar guru, mungkin akan berpikir, bahwa tugas guru adalah hanya mengajar. Padahal, guru dan murid bisa mempunyai hubungan yang lebih dekat dari pada itu. Guru harus siap dengan keluhan setiap murid, siap dengan semua curhatan dan ceritanya. Jika murid sudah nyaman dan merasa dekat dengan sang guru, dia akan senang bercerita walaupun cerita yang memalukan sekalipun.

Jadi, disini guru bukan hanya berperan sebagai pendidik atau mengajar saja. Tapi juga sebagai teman yang siap dengan semua keluh kesahnya, cerita dan juga curhatannya. Bersahabat antara guru dan murid akan mempermudah proses pendidikan, dikarnakan jika ada murid yang kurang faham dia tidak malu untuk bertanya.




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas