• gambar
  • gambar

Selamat Datang di Website MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BLITAR. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BLITAR

NPSN : 20584136

Jl. PB. Sudirman 1 Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur


info@man2blitar.sch.id

TLP : 0342-693228


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 117177
Pengunjung : 40768
Hari ini : 14
Hits hari ini : 33
Member Online : 0
IP : 3.238.204.31
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

PERANAN AGAMA DAN ORANG TUA DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN PERADAPAN DI ERA INDUSTRI




           Zaman telah banyak mengalami perubahan seiring dengan perubahan peradaban serta tingkah laku manusia. Di era masa kini, ketika ilmu pengetahuan dan ilmu teknologi berhasil membuat peradaban semakin maju, moral manusia justru mengalami perubahan katakanlah kemunduran. Perubahannya sama pesat tapi bertolak belakang. Masalah yang dihadapi anak bangsa bukan lagi bagaimana meraka akan beradaptasi dengan sebuah teknologi baru, atau bagaimana cara mengembangkan teknologi dan ilmu pengetahuan itu menjadi semakin pesat. Tapi masalah sesungguhnya yang saat ini terjadi dan terlihat begitu samar adalah bagaimana masyarakat mengendalikan diri sehingga mereka bisa menyeimbangkan dengan baik kemajuan peradaban dengan kestabilan moral.  Oleh karena itu, manusia perlu memiliki pegangan hidup yang bersumber kepada Agama di dalam menghadapi persoalan-persoalan hidupnya. Agama dan Pendidikan Agama Islam memiliki peranan sebagai alternatif jalan keluar dalam upaya meminimalisir kemrosotan moral anak bangsa. 

          Sayangnya, saat ini hal tersebut sangat sulit untuk dikendalikan. Bisa dilihat dari contoh kemerosotan moral paling mudah yang bisa kita temukan di dalam kehidupan sehari-hari. Cara berpakaian yang tidak sopan, semakin berkurangnya rasa hormat kepada orang yang lebih tua, perilaku anarkis dalam menghakimi orang lain, perilaku menghujat dan banyak lagi contoh lainnya. Juga melihat dari banyaknya media yang memberitakan mengenai berbagai macam berita yang menyoroti kemerosotan moral masyarakat masa kini setiap harinya. Pelecehan seksual, pembunuhan, bunuh diri dan juga contoh lainnya. Seolah pelanggaran moral kini menjadi makanan sehari-hari masyarakat masa kini

“Sesungguhnya saya diutus hanya untuk menyempurnakan keshalihan akhlak.” (HR. Al-Baihaqi).

          Sangat disayangkan memang, mengingat kemajuan peradaban dengan teknologi yang sudah begitu canggih seharusnya bisa membuat anak bangsa  menjadi sama majunya, untuk mengimbangi kemajuan peradaban tersebut. Tapi justru malah memberi efek kemunduran moral.  Pada titik ini, tugas para orang tua masa kini tidak lagi hanya sekedar memberikan pendidikan akhlak/moral terhadap anak mereka, tapi juga menjaga dan mengamati bagaimana anak mereka berkembang di masyarakat disertai dengan melimpahnya kemudahan dan kemajuan teknologi. Membuat anak-anak mereka bisa tetap menjaga kestabilan moral ditengah semua produk kemajuan perabadan yang begitu menggiurkan untuk memuaskan kebutuhan manusia tapi terdapat berbagai macam jebakan samar di dalamnya (Elok).




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas