• gambar
  • gambar

Selamat Datang di Website MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BLITAR. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BLITAR

NPSN : 20584136

Jl. PB. Sudirman 1 Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur


info@man2blitar.sch.id

TLP : 0342-693228


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 117181
Pengunjung : 40769
Hari ini : 15
Hits hari ini : 37
Member Online : 0
IP : 3.238.204.31
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Peresmian MA Plus Keterampilan MAN 2 Blitar




            Saat ini Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar semakin berbenah diri setelah mendapatkan SK sebagai madrasah  ketrampilan dan madrasah riset. Pagi ini Sabtu tanggal 27 Februari 2021 di MAN 2 Blitar dilaksanakan peresmian MA plus ketrampilan oleh Bapak Dr. Haji. Ahmad Umar, MA selaku direktur KSKK Madrasah  Kementerian Agama RI.

           Dengan mengambil tema yaitu motivasi dan inovasi MA plus keterampilan di MAN 2 Blitar yang didampingi oleh Bapak Taufiq, M.Si selaku Kepala Kementerian Kabupaten Blitar serta kepala MAN 2 Blitar drs. Haji. Ahmad Zubaidi, M.Si. beserta komite.

                Kedatangan beliau yang akrab disapa dengan sebutan Bapak Umar kali ini adalah memberikan motivasi kepada bapak ibu guru yang ada di MAN  2 Blitar sebagai madrasah keterampilan dan madrasah riset. Oleh karena itu dalam sambutannya beliau memberikan motivasi bahwa pengakuan sebagai  madrasah ketrampilan dan riset harus mempunyai arah, semangat baru dan orientasi yang jelas.  Sehingga ke depannya peserta didik telah memiliki kecakapan dalam bidang tertentu. Nah, saat peserta didik tersebut lulus sudah memiliki kecakapan hidup dan siap berada di tengah-tengah masyarakat sesuai dengan bakat dan minat yang dimilikinya. Seorang peserta didik harus memiliki kecakapan rasa ingin tahu dan berpikir yang diharapkan bahwa setiap peserta didik harus memiliki keunggulan tertentu. Dengan memberikan wadah bagi peserta didik yang memiliki keunggulan tertentu tersebut. Lebih ditekankan pula bahwa untuk menjadikan peserta didik siap berkompetisi dengan dunia luar saat lulus nanti, maka Madrasah harus benar-benar bisa mempersiapkan diri agar tujuan tersebut terlaksana dengan baik yaitu salah satu cara adalah guru harus bisa memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan zaman.  Guru tidak boleh menggunakan teknik yang konvensional saat pembelajaran, tetapi harus menggunakan cara atau teknik yang modern sesuai dengan perkembangan zaman yang berlaku saat itu.

                Selanjutnya madrasah harus bisa menginventasikan KMA 183 dan 184 tahun 2019 kurikulum madrasah yang lebih implementatif dan merakyat, mengakomodasi kepentingan lokal. Madrasah harus mampu mengimplementasikan KMA 183 dan 184  tahun 2019 dimana KMA tsb adalh standar minimal yang harus dilakukan oleh madrasah. Madrasah bisa mengembangkan lebih sesuai dengan kondisi lokal, dan peserta didik. Setiap madrasah boleh mengembangkan kurikulum sesuai dengan keragaman kemampuan peserta didik. Sehingga akan diperoleh pengakuan madrasah unggul, kelas unggul dan bahkan siswa unggul.

                Kesimpulan dari motivasi di atas adalah guru harus meninggalkan strategi pembelajaran konvensional dan beralih pada strategi pembelajaran yang modern, pahami kurikulum KMA 184 tahun 2019, dan evaluasi mandiri bisa menggunakan alat test bentuk apapun sesuai kebutuhan untuk mengukur perkembangan  kemampuan peserta.

     Setelah pemberian motivasi acara selanjutnya Bapak Umar meresmikan MAN 2 Blitar sebagai MA plus ketrampilan dengan pemukulan gong dan dilanjutkan penandatangan secara simbolis. Semoga di kemudian hari MAN 2 Blitar menjadi semakin hebat bermartabat. (Soen)



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas